Home » , , » Syarat Hidup Kelapa Sawit

Syarat Hidup Kelapa Sawit

Written By Unknown on Selasa, 04 Maret 2014 | 10.42

Habitat asli kelapa sawit adalah semak belukar. Kelapa sawit dapat tumbuh dengan baik di daerah tropis (15 derajat LU - 15 derajat LS). Tanaman ini tumbuh sempurna di ketinggian 0 - 500m dari permukaan laut, dengan kelmbaban 80-90%. Kelapa sawit membutuhkan iklim dengan curah hujan stabil, 2000-2500 mm per tahun. Yaitu daerah yang tidak tergenang saat hujan dan tidak kekeringan saat kemarau. Pola curah hujan memengaruhi perilaku pembungaan dan produksi buah sawit (wikipedia).

Ada dua faktor yang memengaruhi pertumbuhan dan produktivitas kelapa sawit, yaitu faktor iklim dan faktor edafik (faktor keadaan tanah), berdasarkan dari buku yang saya baca Panduan Lengkap Kelapa Sawit penulis Iyung Pahan.


Faktor Iklim

Intensitas cahaya

Tanaman kelapa sawit membutuhkan intensitas cahaya matahari yang cukup tinggi untuk melakukan fotosintesis, kecuali pada kondisi juvenile di pre-nursery. Fotosintesis pada daun kelapa sawit akan meningkat pada kondisi langit berawan karena intensitas cahaya matahari dapat berkurang. Produksi bahan kering bibit umur 13 minggu yang dberi naungan ternyata berkurang. Penurunan berat kering tersebut meliputi penurunan pada bagian tajuk dan  pada bagian akar.

Lama penyinaran

Produksi kelapa sawit juga dipengaruhi oleh jumlah jam efektif penyinaran matahari dalam sehari. Penyinaran efektif didefiniskan sebagai total jumlah jam penyinaran yang diterima sepanjang periode kelembaban air tanah yang mencukupi ditambah selama periode sters air dan dikurangi dengan lamanya stres air tanah yang terjadi. Panjang penyinaran yang diperlukan kelapa sawit yaitu 5-12 jam/hari dengan kondisi kelembaban udara 80%.(iyung Pahan).

Menurut Djoehana Setyamidjaja M. Ed., lama penyinaran yang dibutuhkan kelapa sawit adalah 5 - 7 jam per hari. Lama penyinaran rata-rata 5 jam dan naik menjadi 7 jam per hari. Lama penyinaran ini terutama berpengaruh terhadap pertumbuhan dan tingkat asilmilasi, pembentukan (sex ratio), dan produksi buah. 

Suhu

Tanaman kelapa sawit dapat tumbuh dengan baik pada kisaran suhu 24-28 derajat Celcius, dengan suhu terendah 18 derajat dan tertinggi 32 derajat C. Di daerah sekitar garis katulistiwa, tanaman kelapa sawit liar masih dapat menghasilkan buah pada ketinggian 1.300 m dari permukaan laut. Dengan demikian tanaman kelapa sawit diperkirakan masih dapat tumbuh dengan baik sampai kisaran suhu 20 derajat Celcius, tetapi pertumbuhannya sudah mulai terhambat pada suhu 15 derajat Celcius.

adapun ketinggian optimum unutk kelapa sawit adalah 0 -400 meter di atas permukaan laut. Pada ketinggian tempat lebih dari 500 m di atas permukaan laut pertumbuhan kelapa sawit akan terhambat dan produksinya juga akan berkurang (Djoehana Setyamidjaja M. Ed.).

Curah Hujan

Tanaman kelapa sawit menghendaki curah hujan 1.500-4.000 mm per tahun, tetapi curah hujan optimal 2.000-3.000 mm per tahun (Djoehana Setyamidjaja, M. Ed.). Kebutuhan air untuk tanaman kelapa sawit di perkebunan komersial sekitar 1.950 mm per tahun. Neraca air (mm) tanaman kelapa sawit umur 11 tahun (populasi 150 pohon/ha) disajikan pada tabel berikut

Tabel : Neraca Air (mm) di perkebuan kelapa sawit 
Hujan 1.875 Ditahan oleh vegetasi 131
Embun dan Kabut
75
Transpirasi oleh kelapa sawit 400


Transpirasi oleh cover crop 673


Evaporasi dari tanah 307


aliran permukaan dan perkolasi 439
Total
1.950
Total 1.950
*) Populasi 150 pohon/ha di Yngambi, Zaire (Ringoet dalam Ferweda, 1977)

Dari neraca air di atas dapat disimpulkan bahwa kelapa sawit memerlukan curah hujan sekitar 2.000 mm yang merata sepanjang tahun tanpa adanya bulan kering (defisit air) yang nyata. 

Kecepatan angin

Kecepatan angin 5-6 km/jam sangat baik untuk membantu penyerbukan kelapa sawit (anemophyli). Angin yang terlalu kencang dapat menyebabkan tanaman baru menjadi miring serta menggangu proses penyerbukan, bahkan pada kasus angin puting beliung dapat menghancurkan perkebunan kelapa sawit di daerah yang agak jauh dari katulistiwa, seperti Thailand.

Terimakasih atas kunjungan anda, semoga artikel ini membantu. Sejarah dan pengenalan kelapa sawit juga bisa menjadi tambahan untuk bacaan anda.
===========================================================
Catatan kaki
  • http://id.wikipedia.org/wiki/Kelapa_sawit
  • Iyung Pahan, Panduan lengkap Kelapa Sawit, Penebar Swadaya, 2008.
  • Djoehana Setyamidjaja M. Ed., Budidaya Kelapa Sawit, Kanisius,

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.